Kirim Naskah Penerbit Mayor

Berikut ini alamat dan tata cara mengirim naskah ke beberapa penerbit mayor. Semoga bermanfaat :)


PENERBIT PLOT POIN
Panduan Sinopsis Untuk Kirim Naskah (update)
Teman-teman,
Terima kasih sudah mengirimkan naskah atau berniat mengirimkan naskah. Kenapa makasih? Karena niat aja kan sebenarnya sudah pahala, hehehe.
Tapi, ada yang kami belum sreg nih, banyak banget yang mengirimkan sinopsis yang tidak jelas apa ceritanya; Ada yang sinopsisnya cuma kumpulan kata-kata indah, ada juga yang diakhiri dengan pertanyaan bagaimana cerita itu berakhir, dan lain-lain.
Ini sangat nggak efektif karena kami jadi bingung untuk menganalisa cerita kalian dan melihat potensi ceritanya.
Berikut panduan dari kami:
Sinopsis untuk Novel
A.     Format
- Jumlah kata: 500 - 1000 kata, kira-kira 2 hingga 4 halaman.
- Huruf: Times New Romans, ukuran 12, spasi 1,5.
- Selalu ditulis dalam sudut pandang orang ketiga.

B.     Isi
- Sebuah sinopsis selalu berisi informasi tentang karakter, setting, plot, urutan kejadian, dan tema novel.
- Komposisi dasar
   Paragraf satu: Mulai dengan paragraf pembuka yang berisi informasi singkat tentang tokoh utama, dunia tempat dia tinggal, dan situasi yang membuka bagian awal novel.
   Paragraf dua: Isi dengan pengenalan mengenai perubahan yang akan mengguncang keseharian si karakter. Yang harus ada adalah pemicu perubahan ini, tidak harus berisi keseluruhan konflik yang dihadapi karakter dalam novel.
   Paragraf-paragraf berikutnya: Isi dengan rentetan peristiwa yang terjadi, yang menggelinding akibat kejadian awal yang memicunya (yang sudah ditulis di paragraf dua).
   Paragraf penutup: Isi dengan bagaimana hasil dari konflik tersebut, apa jawaban final dari karakter terhadap permasalahan yang dihadapinya. Apa yang berubah dari hidup si karakter-karakternya setelah mereka menghadapi masalah-masalah dalam cerita.

Sinopsis untuk Omnibook (kumpulan cerpen)
- Tulis tema/benang merahnya.
- Lalu tulis sinopsis per cerita. Cukup 2 - 5 kalimat per cerita yang menjelaskan: Siapa karakter utama, dia sangat menginginkan apa dan apa hambatannya. Jelaskan juga di sini di mana setting (tempat dan waktu ceritanya).

Sinopsis untuk Naskah Non Fiksi
- Penulisannya bisa dalam bentuk outline per bab. Sama seperti penulisan omnibook, tiap babnya harus jelas menginformasikan/menjelaskan apa.
- Kami juga menerima rancangan outline buku (naskah belum jadi). Sertakan juga CV dan/atau portfolio untuk menunjukkan kalau kamu memang punya kapasitas dalam bahasan tersebut.
Semoga panduan ini membantu yaaa. Kami tunggu naskah kamu. :D

Salam,
Tim Redaksi


Kirim Naskah, Yuk!
Punya tulisan dengan segmen remaja hingga dewasa muda yang kepingin kamu publikasikan melalui sebuah buku? Kamu bisa kok mengirimkan ke redaksi PlotPoint. Kalau oke, tulisan kamu itu bisa kami terbitkan dan didistribusikan ke seluruh Indonesia. Asik kan?
Nah, sebelum mengirim tulisan, baca dulu ya persyaratannya:
    Naskah boleh berupa:
        Omnibook: kumpulan cerpen fiksi yang punya "benang merah". Misal: satu tema/satu tempat/karakternya saling berhubungan/dan lainnya;
        Novel fiksi;
        Non Fiksi (naskah yang berdasarkan fakta. Misal: kisah nyata, buku How To, dll);
        Kumpulan puisi;
        Komik.
 Tulisan ditujukan untuk segmen remaja hingga dewasa muda (13 hingga 31 tahun).
 Naskah yang kamu kirimkankan WAJIB karya ASLI buatanmu sendiri.
Tema bebas. Kami amat mencari cerita yang punya lokalitas Indonesia. Eksplorasi dan rayakan keragaman suku, agama, ras dan daerah dalam ceritamu. Tapi, jangan menyinggung dan dapat menimbulkan kebencian ya. Juga jangan mengandung pornografi.
 Gaya bahasa bebas, tapi masih disesuaikan dengan remaja hingga dewasa muda.
Format naskah dengan font Times New Roman ukuran 12 dengan spasi 1,5. Margin normal. Save dalam format file: PDF.
Jumlah halaman 80 - 200 halaman A4.
KOMIK: Kami menerima storyboard dan naskah komiknya. Komik jadi juga kami terima.
Sertakan sinopsis. Sinopsis lengkap ya, jelas dari awal hingga akhirnya. Jangan yang terakhirnya "gantung" seperti sinopsis untuk promosi :D
    Jangan lupa biodata lengkap penulis. Sebelum kamu nanya: YA, nulisnya bolehnya lebih dari satu orang.
    Daaan... PlotPoint tidak memungut biaya dalam proses seleksi, penerbitan hingga buku kamu ada di toko buku.
Kirim naskah dalam bentuk file PDF ke: naskah@plotpointkreatif.com
Kami tidak menerima naskah dalam bentuk fisik (print out). Go green, guys! Dan hemat, hehe ;) Untuk komik yang filenya besar, kamu bisa mengirimkan dalam bentuk CD ke alamat kami.
Jangan takut soal plagiarisme, kalau naskah kamu kami anggap sepotensial itu, pastilah kamu akan kami hubungi dan develop naskah kamu.
Naskah yang masuk akan dibaca dan diseleksi satu persatu oleh tim redaksi PlotPoint.  Naskah yang diterima atau ditolak akan dihubungi langsung oleh tim redaksi PlotPoint melalui email atau telepon dalam (minimal) 3 bulan hari kerja dari waktu diterimanya naskah.
Tunggu apa lagi? Selamat menulis dan terbitkan mimpimu!

PENERBIT MEDIA PRESSINDO

Pengiriman Naskah
Hai!
Suka nulis novel?
Mau jadi penulis? Mau novel kamu diterbitin?
Kalau iya, segera aja kirim naskah kamu sekarang juga dalam bentuk hardcopy ke:
MEDIA PRESSINDO
Jl. Cempaka Putih No. 8
Deresan CT X, Gejayan, Yogyakarta 55283
Atau bisa juga dalam bentuk softcopy dengan subject
KIRIM NASKAH FIKSI (spasi) JUDUL NASKAHMU (spasi) NAMA KAMU
ke: medpressgroup@yahoo.com
SYARAT PENGIRIMAN NASKAH FIKSI BESERTA KELENGKAPANNYA
1.         Diketik dengan spasi 1,5 Times New Roman 12 margin kiri: 4, atas-bawah-kanan: 3, dengan jumlah halaman:
-       Romance/Chicklit/Teenlit/Dewasa/Rumah Tangga: 100-150 hlm
-       Kumpulan cerpen (harus tematik/punya benang merah, yang ditulis oleh beberapa orang lebih disukai): 100-150 hlm
-       Komedi//Personal Literature: 70-100 hlm
-       Horor/Misteri/Detektif: 100-170 hlm
2.         HARUS melampirkan sinopsis ceritanya. Bukan cuplikan atau petunjuk tentang isinya (bukan yang biasa kamu lihat di cover belakang/blurb), tapi bener-bener ringkasan cerita isi, dari awal sampai ending-nya. Tidak perlu merahasiakan ending-nya dari redaksi. Sangat dianjurkan untuk membuat sinopsis per bab.
3.         Mencantumkan biodata yang paling tidak berisi nama, alamat lengkap, nomor telepon yang bisa dihubungi, serta nomor rekening.





BEBERAPA HAL YANG MEMBUAT NASKAH PASTI TIDAK DITERIMA
1.
 Tema: asmara sesama jenis, fanfiction, fantasi, bad ending. (Catatan: bad ending tidak sama dengan sad ending)

2.      
Naskah tanpa sinopsis.

3.
 Teknik penulisan yang kacau serta gaya bahasa yang membingungkan (lihat teknik dan gaya penulisan berbagai novel). Selain membaca sinopsis, sebagai seleksi tahap awal, redaksi akan menilai naskah dari 5 halaman pertama dan 5 halaman terakhir.


SEKADAR SARAN DAN TIPS
1.     Gunakan gaya bahasa yang lugas, jelas, dan mengalir, yang disesuaikan dengan cerita, tokoh, dan setting-nya. Gunakan teknik menulis yang baik. Cari dan pelajari dari berbagai novel sebagai referensi.

2.     Buat alur cerita sekeren mungkin, boleh linier asalkan nggak monoton. Bila memungkinkan, tambahkan kejadian-kejadian flashback untuk memperjelas dan mempertegas ceritamu.

3.    Beri latar belakang cerita pada setiap karakter (terutama karakter utama) dan deskripsikan lingkungan kehidupan mereka. Perhatikan hukum ‘sebab-akibat’ dari setiap tindakan/keputusan yang diambil karakter.

4.     Bisa masukkan unsur pekerjaan/profesi para tokoh utamanya, di mana masing-masing pekerjaan memiliki konflik yang harus diselesaikan. Jadi, isi cerita tidak melulu tentang hubungan asmara antara tokoh utama cowok dan cewek (jika genrenya romance). Semakin informatif, semakin disukai.

5.     Paparkan dengan detail setting/tempat yang digunakan dalam cerita. Dengan begitu pembaca akan merasa ‘benar-benar masuk’ ke dalam cerita yang kamu tulis.

YANG MUNGKIN ADA DI KEPALAMU
Q:   Seberapa lama harus menunggu keputusan naskah?
A:   Tergantung banyaknya naskah masuk, diusahain maksimal 3 bulan karena dalam sebulan naskah masuk ke redaksi bisa lebih dari 60 judul. Wow!

Q:   Kalau saya kangen dan pengen tahu kabar naskah saya, atau bahkan menariknya, saya harus menghubungi siapa?
A:   Silakan hubungi sekretaris redaksi pada nomor
(0274) 556043/555939 pada jam kerja Senin-Jumat pkl 09.00-17.00 WIB dan Sabtu pkl 08.00-15.30 WIB (istirahat pkl 12.00-13.00 WIB).



PENERBIT MATAHARI

Penerbit Matahari

Syarat dan ketentuan
1. Naskah asli, bukan saduran maupun terjemahan.
2. Diketik dengan kerapatan 1 ½ spasi.
3. Panjang naskah minimal 100 halaman dengan ukuran kertas kwarto (A4).
4. Naskah diketik dengan jenis huruf Times New Roman ukuran 12.
5. Materi naskah tidak melanggar hak cipta pihak lain.
6. Naskah dilengkapi dengan sinopsis singkat, profil, alamat lengkap, dan nomor telepon penulis yang bisa dihubungi.
7. Naskah dikirim via email: mataharipenerbit@gmail atau dalam bentuk cetak (hardcopy) ke redaksi Penerbit Matahari, Jl. Jamblang No. 8 Pejaten, Pasar Minggu, Jakarta Selatan

PENERBIT DIVAPRESS
Silakan kirimkan naskah kamu dgn ketebalan 180-220hlm, spasi 2, TNR 12 pts, kirim file naskah + sinopsis + biodata: deteensmail@gmail.com. Evaluasi 1 bulan.
Berikut ini kami lampirkan tata cara mengirimkan penawaran naskah kepada kami, Penerbit DIVA Press:
1.   Jika naskah yang dikirimkan adalah naskah fiksi (novel/teenlit), penulis wajib melengkapi naskah tersebut dengan “sinopsis” yang dibuat dalam file terpisah dari isi naskah.
2.   Jumlah halaman naskah novel (selain teenlit) 250–400 halaman dengan format ukuran kertas A4, top 4 cm; bottom 3 cm; left 4 cm; dan right 3 cm, spasi ganda, font times new roman ukuran 12. Untuk naskah anak (untuk pembaca SD-SMP) dengan ketebalan minimal 50-100 hlm, sedangkan cerita anak (untuk TK-3 SD) dengan ketebalan maksimal 50 hlm.
3.   Jumlah halaman naskah novel teenlit 180–220 halaman dengan format ukuran kertas A4, top 4 cm; bottom 3 cm; left 4 cm; dan right 3 cm, spasi ganda, font times new roman ukuran 12.
4.   Jika naskah yang dikirimkan adalah naskah nonfiksi (buku agama/buku anak/buku pelajaran, dan sebagainya), penulis wajib melengkapi naskah tersebut dengan “daftar isi” serta “uraian keunggulan” naskah yang ditawarkan dalam file yang terpisah dari isi naskah.
5.   Jumlah halaman naskah nonfiksi 150–250 halaman dengan format ukuran kertas A4, top 4 cm; bottom 3 cm; left 4 cm; dan right 3 cm, spasi ganda, font times new roman ukuran 12.

6.   Judul email diisi dengan format: penawaran naskah + judul naskah (kode naskah).

Misalnya:

Ke       : redaksi_divapress@yahoo.com

Judul   : penawaran naskah I Found My Heart (Teen)

7.   Jika naskah dikirim via pos atau diantar sendiri, silakan tulis judul dan kode naskah di sudut amplop sebelah kanan.

Misalnya:

Judul   : penawaran naskah Tuntunan Dzikir Sepanjang Hari (Ag)

8.   Kode naskah:

a.   (U)       :  untuk naskah buku umum, misalnya buku pelajaran umum, buku psikotes, buku traveling, dan sebagainya.

b.   (Ag)     :  untuk naskah buku agama Islam, misalnya buku tentang tata cara shalat, buku tentang manfaat puasa, buku wacana keislaman, dan sebagainya.

c.   (An)    :  untuk naskah buku anak, misalnya belajar membaca untuk anak, belajar membaca al-Qur’an untuk anak, belajar menggambar dan mewarnai, dan sebagainya.

d.   (Teen) :  untuk naskah buku remaja dan novel teenlit.

e.   (Nv)     :  untuk naskah novel selain novel remaja/teenlit.



Konfirmasi Naskah

1. Setiap naskah dalam bentuk print out yang dikirimkan ke redaksi DIVA Press dan ditolak, tidak akan dikembalikan kepada penulis. Penulis dipersilakan untuk mengambil naskah tersebut dengan datang langsung ke kantor redaksi maksimal 1 minggu setelah konfirmasi penolakan dari pihak redaksi.

2. Naskah yang sudah dinyatakan ditolak tidak akan diterbitkan oleh DIVA Press dan akan dibuang agar tidak disalahgunakan oleh pihak yang tidak bertanggung jawab.

3. Konfirmasi penerimaan naskah akan diberikan maksimal 1 bulan setelah naskah sampai ke meja redaksi.

4. Naskah yang telah diterima hanya akan diedit oleh staf redaksi DIVA Press yang berwenang.


PENERBIT NOURA BOOKS

Tata Cara Pengiriman Naskah ke NouraBooks

Halo!  ^_^ Kamu suka menulis dan punya banyak ide menarik untuk dibagi kepada pembaca? Kabari Noura Books!
Kami menerima naskah berupa:
  1. Fiksi, dalam bentuk novel; baik untuk remaja dan dewasa
  2. Nonfiksi, dalam bentuk kisah inspirasi, catatan perjalanan, bisnis praktis, memoar, humor, psikologi populer, keislaman populer, kesehatan, parenting; baik untuk remaja dan dewasa
  3. PCPK (Penulis Cilik Punya Karya): novel pendek, yang ditulis oleh anak-anak usia 7-14 tahun

Kriteria naskah:
1.      Merupakan karya asli
2.      Belum pernah dipublikasikan oleh penerbit lain atau pernah terbit tetapi telah habis masa kontraknya dengan penerbit sebelumnya.
3.      Tema unik dan tidak pasaran.
4.      Tidak mengandung unsur-unsur pornografi dan isu SARA (Suku, Agama, Ras, dan Antargolongan)  
5.      Ditulis dengan rapi (logis dan sistematis).
6.      Memiliki peluang pasar (marketabilitas) yang bagus.
7.      Disertai sinopsis

Prosedur Pengiriman:
Jika naskah telah memenuhi kriteria tersebut di atas, kirimkan beserta:
1. Surat pengantar.
2. CV (Daftar Riwayat Hidup) dengan alamat lengkap, surel, dan nomor telepon yang dapat dihubungi.
Naskah yang dikirimkan jika berupa hard-copy sebaiknya adalah hasil print-out atau fotokopi (bukan asli/master) dan jika atau soft copy, adalah hasil ketik computer baik dalam bentuk MSword atau pdf.
         untuk fiksi dewasa, minimal 200 halaman, spasi ganda, font times new roman 12.
         untuk fiksi remaja, minimal 150 halaman, spasi ganda, font times new roman 12.
         untuk nonfiksi, minimal 150 halaman, spasi ganda, font times new roman 12.
         untuk PCPK, 50-60 halaman, spasi ganda, font times new roman 12.
4. Kirim ke:
Redaksi Penerbit Noura Books:
Jl. Jagakarsa Raya No.40 RT 07/04
Jagakarsa, Jakarta Selatan 12620
Telp : 021 78880556
Fax  : 021 78880563

Email: redaksi@noura.mizan.com

2 Responses to "Kirim Naskah Penerbit Mayor"

  1. Penerbit yang menerima fanfiction yang mana ya? Tolong di balas :)

    BalasHapus
  2. Kalau penerbit yang menerima naskah fantasi mana saja ya? Terima Kasih:))

    BalasHapus