Astra Sukses Menginspirasi Negeri Melalui Filosofi Catur Dharma


Begitu ada info lomba Astra, aku berminat untuk menulis. Dikarenakan sedari kecil aku sudah mengenal salah satu produk astra yaitu motor astrea grand milik Ayahku. Pada waktu itu, motor grand sudah keren bagiku. Ayah mengendarai motor grand untuk mengantar jemputku ke sekolah, bukan hanya itu, motor grand juga mempermudah kami untuk bepergian kemanapun. Pokoknya sangat terbantu. Sampai sekarang pun kami menggunakan produk Astra. Maka dari itu, aku akan menulis Inspirasi yang Astra berikan bagi Negeri dalam rangka lomba Anugerah Pewarta Astra.



Tak terasa, sudah 60 tahun  Astra hadir menginspirasi negeri. Tujuan bisnis Astra ialah sejahtera bersama bangsa. Sesuai butir kedua Catur Dharma, Astra memberikan pelayanan terbaik kepada pelanggan. Saya akan membahas salah satu produk Astra yang pelayanannya patut diacungi jempol. Yaitu, Honda Motor. Setahu saya, setiap kita membeli kendaaraan bermotor honda baru, konsumen mendapatkan 4 kali service gratis dan 1 kali ganti oli gratis di bengkel resmi AHASS yang tersebar di seluruh Indonesia. Hingga  tahun 2017, sudah 9 kali Astra Honda Motor mendapatkan penghargaan dalam ajang Service Quality (SQ) Award  pada kategori diamond sebagai perusahaan yang memberikan pelayanan pelanggan terbaik di industri kendaraan roda dua. Kategori tersebut ialah kategori tertinggi dalam ajang SQ Award ini. Jadi tak diragukan lagi dengan kualitas pelayanan Astra ini. Pelanggan puas, perusahaan pun mempunyai citra baik.

Sebuah perusahaan sekokoh Astra, tentunya memiliki sumber daya manusia yang cakap agar pencapaian kinerja berlangsung baik. Astra Honda Motor melakukan pelatihan dan pengembangan SDM bagi perusahannya, yaitu menggunakan metode experential learning. Kita dapat menyontoh Astra dalam mengembangkan SDM-nya ini. Sebab, pelatihan dan pengembangan SDM dalam manajemen sumber daya manusia menjadi satu pilar penting yang harus hadir dalam usaha peningkatan kapasitas dan kapabilitas sdm dalam sebuah lembaga. Karena SDM adalah ujung tombak terdepan bagi sebuah perusahaan untuk meraih target, visi dan misi. Kualitas SDM yang memadai akan menentukan seberapa laju  perusahaan mencapai hasil yang diinginkan. Namun sebaliknya, kualitas SDM yang tidak memadai pasti akan menghambat progress pencapaian target perusahaan.

Astra juga turut andil dalam kontribusi sosial, CSR bersama sembilan yayasannya.  Kesembilan yayasan tersebut adalah Yayasan Toyota & Astra, Yayasan Dharma Bhakti Astra, Yayasan Astra Bina Ilmu, Yayasan Astra Honda Motor, Yayasan Amaliah Astra, Yayasan Karya Bakti United Tractors, Yayasan Pendidikan Astra Michael D. Ruslim, Yayasan Astra Agro Lestari dan Yayasan Insan Mulia Pamapersada Nusantara.



Kegiatan sosial tersebut bergerak dibidang Pendidikan, Lingkungan, Usaha Kecil Menengah dan juga Kesehatan. Bidang pendidikan, Astra telah menyalurkan paket beasiswa, membina sekolah, dan membina tenaga pengajar. Bidang Lingkungan, Astra melakukan kegiatan menanam batang pohon dan melestarikan Hutan Mangrove. Bidang Usaha Kecil Menengah, Astra melakukan pembinaan pada ribuan UKM sehingga mampu menyerap tenaga kerja, Bidang Kesehatan, Astra menyediakan Mobil Kesehatan Astra (Mokesa), membina Pos Unit Pelayanan Terpadu, dan mengempulkan kantong darah dalam rangkaian kegiatan donor darah.


Melihat dari pencapaian Astra selama 60 tahun ini, Astra telah sukses menginspirasi negeri melalui filosofi Catur Dharma yaitu MENJADI MILIK YANG BERMANFAAT BAGI BANGSA DAN NEGARA."

0 Response to " Astra Sukses Menginspirasi Negeri Melalui Filosofi Catur Dharma"

Posting Komentar