Bisnis UKM Dengan Mudahnya Naik Kelas Berkat Accurate

Saya mencoba software akuntansi Accurate 

Menjalani suatu usaha dagang ataupun jasa tentu tak pernah lepas dengan yang namanya pembukuan keuangan. Namun, banyak pemilik usaha yang awam akuntansi sehingga kesusahan dalam urusan ini. Mereka mungkin tak tahu bahwa pembukuan ialah jantungnya suatu usaha.

Dari pembukuan tersebut kita dapat melihat perkembangan usaha melalui laporan keuangan seperti laporan laba dan rugi, laporan perubahan modal, neraca, laporan arus kas, dan catatan atas laporan keuangan. Serta persediaan suatu barang dagangan dapat terorganisir dengan baik jika adanya pembukuan ini. Hanya saja untuk mendapatkan pencapaian tersebut pemilik usaha  harus punya pembukuan yang rapi dan akurat.

Bagaimana Pembukuan yang Rapi dan Akurat?
Pembukuan yang rapi di sini ialah setiap  transaksi keuangan berada dijalurnya masing-masing dan tercatat beraturan berdasarkan tanggalnya. Contoh sederhananya begini, dalam suatu hari ada penjualan secara tunai dan piutang, nah dibuatlah pencatatan dengan dua buku besar yang berbeda. Satunya buku kas, dan satu lagi buku piutang. Jangan lupakan juga untuk pengurangan stock persediaan.

Pembukuan yang akurat dapat kita lihat dari kecocokan pencatatan dengan bukti transaksi yang ada. Dan ketepatan pada perhitungan dalam beberapa transaksi. Misalkan transaksi sampai ratusan setiap harinya, menghitung dengan kalkulator manual bukanlah solusi yang tepat. Takutnya ada kesalahan hitung dan data menjadi tak akurat.

Salah satu dampak negatif data yang tak akurat ialah pemilik usaha akan pusing dan melototi transaksi satu persatu karena neraca tak balance.

                                   
Pembukuan yang rapi dan akurat sangat membantu suatu bisnis untuk naik kelas. Namun ada dua faktor yang membuat  bisnis tak pernah naik kelas, yaitu kelalaian pembukuan dan gagap teknologi. Apabila merasa dua faktor tadi dialami oleh bisnis yang sedang anda jalani, diperlukan kemauan dan tindakan untuk berbenah. Soalnya jika tidak mau berubah, bisnismu #KapanNaikKelas? Hal ini berlaku bagi perusahaan besar dan Usaha Kecil Menangah (UKM) sekalipun.

Usaha Kecil Menengah (UKM) dan Pembukuannya
Usaha Kecil Menengah pada masa kini banyak diminati dan berkembang dengan pesat. Hal tersebut terjadi karena modalnya tak besar dan tak banyak membutuhkan karyawan, sang pemilik usaha pun bisa merangkap pekerjaan sebagai admin, marketing dan juga mengurusi pembukuan itu sendiri walaupun awam dengan bidang akuntansi. Jika menyewa tenaga ahli tentulah biaya yang dikeluarkan cukup menguras dompet, sedangkan ini skala bisnis kecil menengah. Dan yang sering terjadi karena banyak merangkap pekerjaan ialah pembukuan jadi terbengkalai.

Harap diketahui untuk urusan pembukuan Usaha Kecil Menengah jangan pernah disepelekan karena ini penting sekali agar tidak menyusahkan pemilik usaha pada akhir periode bulanan atau tahunan yang berdampak pada pelaporan pajak juga. Agar pemilik usaha merasakan pembukuan rapi dan akurat serta bisnisnya dapat naik kelas, saya akan merekomendasikan software akuntansi yang praktis, yaitu Accurate.

                                                      Fitur-fitur dari software akuntansi Accurate

Accurate ialah software akuntansi asli produk Indonesia yang dikembangkan oleh PT. Cipta Piranti Sejahtera (CPSSoft) sejak tahun 1998. Berbagai inovasi dilakukan dari mulanya software akuntansi versi dekstop, kini sudah ada Accurate Online berbasis cloud yang dapat digunakan kapanpun dan dimanapun. Hebatnya lagi, selain menyajikan laporan keuangan secara instan juga membantu mengelola bisnis secara keseluruhan. Tak heran bila Accurate memenangkan penghargan TOP Brand Award selama 4 kali berturut-turut.

                                                                          Tampilan Database Software Akuntansi Accurate

Software Akuntansi Accurate Dibutuhkan oleh Usaha Kecil Menengah Karena:
- Mudah Dipahami 
Menjawab kegelisahan para pemilik usaha kecil menengah yang selalu kewalahan dengan  masalah pembukuan, Accurate hadir sebagai software akuntansi yang userfriendly karena hanya input transaksi saja sudah jadi laporan keuangan. Lalu, akan ada Demo Product Accurate Online pada bulan Desember ini. Pada demo ini, akan ditunjukkan fitur-fitur yang ada di Accurate Online tersebut.

-Hemat Waktu 
Waktu yang digunakan begadang selama berjam-jam mengurusi pembukuan secara manual bisa digunakan untuk me time ataupun quality time bersama keluarga tercinta apabila pembukuan bisnis UKM sudah beralih ke Accurate. Salah satu yang buat hemat waktu yaitu kamu bisa menjadwalkan transaksi yang rutin.

-Harganya Terjangkau
Untuk urusan harga, sangat terjangkau sekali untuk pemilik usaha kecil menengah. Accurate memberikan 30 hari pertama coba gratis. Setelah itu cukup membayar Rp. 200.000/bulan untuk 1 pengguna, jika ingin menambah 1 pengguna lagi tinggal membayar tambahan Rp. 20.000/bulan.


- Dapat Memantau Perkembangan Usaha
Tak perlu menerka-nerka lagi berapa keuntungan dan berapa jumlah persediaan barang dagangan jika sudah menggunakan aplikasi Accurate ini. Kamu pun dapat mengetahui beban mana yang sekiranya dapat ditekan agar keuntungan bertambah.

- Memudahkan Pelaporan Pajak
Software akuntansi Accurate sudah sesuai dengan PSAK Perpajakan di Indonesia terkini. Ini terbukti dengan adanya fitur perpajakan yang lengkap serta mendukung program e-faktur. Jika sudah beralih ke Accurate,  Pemilik usaha kecil menengah tentunya bisa tersenyum lega ketika mendekati pelaporan SPT Masa tahunan.

Itulah 5 hal kenapa UKM membutuhkan software akuntansi Accurate. Beberapa pemilik UKM yang merasa bahwa pembukuan  rapi dan akurat sangat penting untuk bisnisnya pastilah akan mencoba menggunakan software akuntansi Accurate, dan kini banyak UKM yang bisnisnya sudah naik kelas.

Dari tadi saya bahas tentang naik kelas melulu, lantas apa manfaat dari Bisnis UKM yang sudah naik kelas? Manfaat yang dirasakan, pemilik UKM mengenal betul bagaimana bisnisnya berjalan. Dari situ pemilik dapat mencegah kerugian dan membaca peluang keuntungan bisnis. Insya allah bisnis tak akan gulung tikar.


Sumber logo accurate: https://accurate.id/pedoman/
sumber foto: Asriani
sumber video youtube: Asriani Acyie & https://accurate.id/fitur/

3 Responses to "Bisnis UKM Dengan Mudahnya Naik Kelas Berkat Accurate"

  1. Boleh juga nih apalagi buat yang baru memulai usaha. Aplikasi Software Akuntansi Accurate memang sangat dibutuhkan sih. Thanks informasinya yaa

    BalasHapus