Menu tunggal mpasi untuk bayi 6 bulan





Aku memberikan makanan pertama anakku tepat pada 180 hari setelah kelahirannya. Karena, pada usia bayi yang sudah 6 bulan,  ususnya sudah siap menerima makanan selain susu. Jangan sampai mommy menyesal memberikan makan padahal usia bayi kita belum siap menerima makanan. Banyak lho kasus mengerikan yang terjadi karena pemberian makan yang tak tepat waktu.

Tiba waktunya mendekati 6 bulan anak bayiku, aku mulai mencari referensi makan anakku. Ternyata, diawal bayi mulai makan lebih baik mengenalkannya dengan menu tunggal. Agar ia tahu rasa asli dari buah, sayur, bubur beras, ikan, ayam dan daging sapi. Dan juga agar kita tahu bahwa bayi kita alergi dengan makanan apa saja.

Ini dia 14 menu tunggal untuk bayiku:
1. Pisang
Pertama kali makan, pisangnya dikerok... begitu masuk ke mulut si bayi, dia mesem-mesem karena rasa pisang aneh baginya. Satu buah pisang nggak habis pemirsa. Lalu aku kasi lagi makan pisang dengan cara di perek. Hasilnya lembut, pure pisang gitu. Alhamdulilah setelah dibujuk-bujuk, habis juga satu buah pisang.

2. Wortel
Di rebus lalu d perek, begitu disuapin ke bayiku, dia gak begitu suka. Padahal udh dicampur asip :(



3. Brokoli
Buatnya lumayan ribet mom, direbus dulu, lalu diblender, terakhir diperek. Dengan cara buatnya yang ribet, bayiku juga gak suka makannya. Hmm.

4. Pepaya
Nah ini dia bua kesukaan bayiku. Udah beberapa kali makan juga tetap suka. Cara penyajiannya tinggal diperek ya mom. Jadi deh pure pepaya.

5. Jambu biji ( guava)
Pertama kali kasi guava dia kurang suka. Kedua kalinya dia mau-mau aja tuh.

6. Semangka
Dengan pinternya aku perek buah semangka. Alhasil yang keluar airnya semua. Hhahaha. Karena ribet ngasi air lewat mangkok makan si bayi. Aku curahin deh pure semangka ini di botol bayi. Habis sih dia minum air semangka. Tapi botol dan dotnya jd berbekas warna merah buah semangka. Hiks.

7. Kentang
Pure kentang plus asip nggak disukai bayiku. :(

8. Bubur beras putih
Beras putih tanpa penyedap apapun aku rebus. Setelah masak aku perek. Bayiku juga kurang suka makan bubur tanpa rasa ini. Huhuhu

9. Ubi manis (ubi rambat)
Teksturnya kayak kentang begitu sudah jadi pure ubi manis. Yaa, lebih suka makan ini sih daripada makan kentang. Walaupun nggak sesuka ketika dikasi pepaya.

10.  melon
Banyak yang menyarankan untuk mengukus buah melon sebelum diberi ke bayi. Tapi aku nggak begitu. Melonnya aku parut, lalu aku perek. Bayiku suka makan ini.

11. Buah naga
Ini nih buah kesukaan bayiku. Sudah selesai dikasi makan buah naga, malah marah mau minta nambah. Cara pengolahannya tinggal diperek aja si buah naganya.

12. Alpukat
Berbeda dengan mommy, si bayi kurang suka alpukat. Dilepeh sama dia. Hmm...


13. Pir
Buah pir ini aku serut. Rasanya manisssss banget... dan bayiku ternyata kurang suka makannya. Dicampur dengan air putih baru mau zia makan.

14. Telur ayam kampung
Super duper belepotan makan telor ayam kampung. Hanya dapat beberapa suapan saja.

Aku sendiri masih memberi sayur, buah dan telur dulu untuk bayi 6 bulanku. Bagi mommy yang mau menambahkan protein hewani seperti daging ayam, daging sapi dan daging ikan ke makanan awalnya, silahkan.

Dari pengalamanku sih, dalam hal memberi makan ke bayi ini kita jangan pernah lelah memberi mpasi homemade ya mom. Walaupun si bayi melakukan aksi gerakan tutup mulut. Kita harus tetap semangat buatin makanannya.

Oh ya, sebelum bayi umurnya 1 tahun jangan beri gula dan garam dimakanannya ya.

0 Response to "Menu tunggal mpasi untuk bayi 6 bulan"

Posting Komentar