Mengenal Kampung Berseri Astra Sungai Jawi Pontianak

Kampung Berseri Astra merupakan program kontribusi sosial berkelanjutan Astra yang dimplementasikan kepada masyarakat dengan konsep pengembangan yang mengintegrasikan 4 pilar program, yaitu Pendidikan, Kewirausahaan, Lingkungan dan Kesehatan. 

Melalui Kampung Berseri Astra ini masyarakat dan perusahaan dapat berkolaborasi bersama mewujudkan wilayah yang bersih, sehat, cerdas dan produktif. Sehingga dapat meningkatkan kualitas hidup masyarakat di wilayah Kampung Berseri Astra.



Dalam menentukan dan memilih calon Kampung Berseri Astra terdapat beberapa tahapan:

  1. Koordinasi Perusahaan Grup Astra
  2. Pembentukan Tim Kampung Berseri Astra
  3. Koordinasi dengan Pemerintah Daerah
  4. Social Mapping
  5. Penentuan Lokasi Kampung Berseri Astra
  6. Penyusunan Rencana Program
  7. Komitmen Bersama dan kick off program Kampung Berseri Astra

Setelah melalui tujuh tahapan tadi, sudah banyak daerah-daerah di Indonesia menjadi Kampung Berseri Astra. Salah satunya, di Kelurahan Sungai Jawi Kota Pontianak RW 016, 022, & 023 sejak Maret 2016 dengan luas 221.000 m2.

Saya pribadi sudah lama tahu daerah ini karena teman-teman saya yang kebetulan ibu bapaknya perantau dari Jawa banyak yang tinggal di Kampung Berseri Astra Sungai Jawi.  Beberapa hari yang lalu saya berkunjung lagi ke sini,  ternyata sudah banyak sekali perubahan.  Tembok yang dulunya usang, kini indah dengan mural edukatif.

Kebetulan saya berkunjung ke sana pada saat kampung tersebut mengadakan lomba memancing.  Tepian parit sudah banyak warga yang duduk dengan pancingannya.  Ratusan peserta yang ikut.  Hampir semua yang mengkuti lomba ialah bapak-bapak dan remaja putra.  Lomba dibagi menjadi dua sesi,  sesi pagi berhadiah sepeda dan sesi sore berhadiah uang tunai.



Menurut warga sekitar,  tidak hanya lomba memancing saja yang diadakan, ada juga lomba gaplek dan lain-lain. Perlombaan ini diadakan dalam rangka menyambut Maulid Nabi. Salut saya,  Pengurus warga dan warganya sendiri bisa kompak turut serta memeriahkan kegiatan yang diadakan.



Peserta lombanya ramai,  yang nonton ramai,  dan muncul lah penjual dadakan.  Kenapa saya bilang penjual dadakan.  Karena mereka berjualan di halaman rumah masing-masing & di tepi jalan dengan perlengkapan dapur ala kadarnya. Sosis goreng menu paling laris setelah minuman es.  Hampir semua penjual menjual menu yang sama.  Walaupun begitu, tak menyurutkan semangat penjual.

Lanjut mengelilingi kampung berseri astra sungai jawi ini,  saya menemukan posyandu di salah satu rumah warga. Namanya Posyandu Peduli Bangsa.  Penting sekali adanya posyandu ini,  mengingat pemerintah lagi gencar-gencarnya menurunkan angka stunting.  Dengan posyandu inilah tumbuh kembang anak dapat di pantau oleh bu bidan ataupun ahli gizi. Selain itu pemberian imunisasi serta vitamin A dapat dikontrol karena lokasi Posyandu yang strategis membuat ibu-ibu tak kesulitan untuk berkunjung.

Dari dulu yang tak berubah dari kampung ini ialah suasananya yang asri.  Jarang sekali menemukan pemukiman warga  seasri ini.  Kebanyakan daerah  lain kebun-kebunnya sudah tergantikan dengan perumahan.  Hehehe. Di Kampung ini,  ada Kebun Toga Margo Indah yang didukung kontribusinya  oleh Astra untuk dikelola dengan baik oleh warganya. Tujuannya agar warga tetap peduli dengan lingkungan yang asri.

Sumber Gambar: https://kilometer8koma5.blogspot.com

Masih di Kampung Berseri Astra Sungai Jawi, yaitu  Gang Arafah, ada Perguruan Pencak Silat Wekasan Suprih Ngudi Tunggal. Sebagaimana kita tahu, Pencak silat ialah kearifan lokal negeri yang selayaknya dilestarikan. Diharapkan dengan adanya Perguruan pencak silat di kampung ini dapat memunculkan semnagat bagi kaum muda untuk mempelajarinya.

Sumber Gambar: https://kilometer8koma5.blogspot.com

Setelah saya mengenal Kampung ini,  sudah ada 4 Pilar yang dikembangkan oleh warga dan juga Astra. Antara lain:  Kewirausahaan,  Kesehatan, Lingkungan dan Pendidikan. Semoga saja kedepannya satu-satunya Kampung Berseri Astra di Kota Pontianak ini dapat terus eksis dengan prestasi dan kegiatan-kegiatan yang positif serta mewujudkan kualitas masyarakat Indonesia yang lebih baik lagi.


0 Response to "Mengenal Kampung Berseri Astra Sungai Jawi Pontianak"

Posting Komentar