Santap (Saje Mantap) Mie Sagu Berkuah Gurih Kuliner Khas Pontianak


Pagi hari nan mendung tiba-tiba saya kepikiran sesuatu, selain cucian yang tak akan kering karena akan hujan lagi, saya seperti mengidamkan makanan  berkuah yang cocok pada cuaca dingin. Hmm... Mie Sagu pun terlintas dipikiran saya. Sudah lama juga nggak memakannya. Segeralah saya menghubungi adik lelaki & sepupu perempuan saya. Alhamdulillah mereka bersedia menemani makan siang.

Lalu dimanakah restoran yang pasti ada jual Mie Sagu saat siang begini? Saya mengingat kembali, saat makan Bakmie Kepiting Halal khas Pontianak kemarin rasa-rasanya ada jual Mie Sagu juga deh. 

Untuk memastikannya saya buka Aplikasi Ayam Pak Usu, karena di aplikasi tersebut saya bisa tahu menu-menu yang ada, bahkan selalu update untuk menu terbaru. 

Aplikasi Ayam Pak Usu

Yups, memang ada Mie Sagu Khas Pontianak di Bakso & Bakmi Pak Usu. Keren bukan aplikasinya? 😎

Buat kamu-kamu pembaca blog saya yang belum tahu apa itu aplikasi Ayam Pak Usu, kalian bisa download aplikasinya  di Play Store. Aplikasi ini nggak buat memori ponselmu penuh kok. 

Lagipula akan banyak keuntungan jika kamu menggunakan aplikasinya, karena setiap kamu makan minimal Rp. 50.000 di outlet Pak Usu (kecuali di rumah sakit mitra medika), kamu akan mendapatkan reward  5.000 Poin dan berlaku kelipatannya. Minimal kumpulkan 10.000 poin, baru bisa ditukarkan deh. Maksimal penukarannya 200.000 poin untuk setiap transaksi ya. 

Warga Pontianak saya rasa sudah banyak yang melek internet, mestinya tidak kesusahan dong menggunakan aplikasi ini. Ngumpulin poin nggak pakai catat manual lagi, sudah lewat aplikasi.

                                                                                                                                                                                                         
Tempat makan siang sudah kami tetapkan, tak lain tak bukan di Bakso & Bakmi Pak Usu yang berada di Jalan Podomoro (Eks Pondok Ale-ale). Tinggal menunggu waktu istirahat kerja saja untuk segera ke sana. Waduh, saya jadi terbayang-bayang Mie Sagu pulak di jam kerja ini. Efek cuaca mendung ini. Wahai nafsu makan beserta perut, harap berasabarlah.

Mie Sagu sebenarnya jarang berjejer dideretan menu sebuah restoran, biasanya mie yang berbahan dasar sagu ini kadang saya temukan saat arisan keluarga atau arisan bersama tetangga, lebih banyak dijual di pondok makan pinggir jalan atau tempat makan rumahan. Itupun sering kali saya dapatkan bahwa mie sagu tak tersedia walaupun ada menu mie sagu di tempat makan tersebut. Sedih saya tuh. 😢 

Beruntunglah saya begitu tahu ada menu Mie Sagu Khas Pontianak di Bakso & Bakmi Pak Usu. Tersampaikanlah ngidam saya ini yey! (bukan ngidam hamil kok). Sudah lama memang saya ingin makan mie sagu, kini seperti rindu yang terbayar tuntas ketika saya memakannya.

Bicara soal rindu, memang benar adanya rindu bisa kita rasakan pada sebuah makanan. Terlebih jika dibalik makanan itu ada sebuah kenangan atau makanannya susah didapat, Mie Sagu Khas Pontianak ini contohnya. Terima kasih ya Owner Bakso & Bakmi Pak Usu sudah menyediakan menu Mie Sagu Khas Pontianak. Dengan adanya pedagang yang tetap berjualan Mie Sagu itu artinya masih ada yang mau melestarikan ragam kuliner daerah. 
                                     
                                                                            ***
Begitu waktunya jam makan siang, kami bertiga kompak berangkat. Ternyata saya sampai terlebih dahulu, mungkin karena saya sangat semangat ingin memakan mie sagu kali yaaa. Hehe. Lebih semangat lagi saya begitu ke kasir, karena semangkuk Mie Sagu hanya Rp. 9.090. Saya jadi ada ide untuk mengajak arisan keluarga nanti di sini saja. Murah meriah, enak, dan  bisa dapat poin lagi. 

Tak perlu menunggu lama sedari memesan, Mie Sagu berkuah hangat sudah di depan mata, yuk kite santap. Saje mantap. 

Tampilan mie sagu tentulah sama dengan mie sagu yang pernah saya makan sebelum-sebelumnya. Semangkuk mie yang terbuat dari sagu di potong memanjang, ada tambahan teri, kacang tanah goreng, kecambah dan kucai, hanya saja untuk rasa jelas tiap tempat berbeda-beda.

Saya mau kasih applause untuk kuah kaldunya. Wahai Owner Pak Usu, bagaimana buat resep kaldu Mie Sagu Khas Pontianak yang gurih seperti ini? Minta contekannya dong? Hehehe. Pas banget rasanya dilidah saya. Hmm.. bagaimana mendeskripsikannya ya, kuah kaldunya tuh less garam, less micin, namun enaaaaak dan gurih. Apakah rahasianya terletak pada bahan baku kaldu yang selalu 'fresh'? 

Wajah senang makan enak

Makan sambil berbincang dengan adik dan  sepupu tanpa terasa makanan saya habis, tapi saya kok belum kenyang? Padahal tadi sebelum makan sudah berdoa dulu lho. Apakah saya harus tambah Mie Sagu lagi?  🙊🐒

Oh Tuhan, ku masih lapar, ku mau nambah, tapi ku maluuu... Utuhkanlah rasa kenyang diperutkuuu...

Dari yang pernah saya baca di artikel bahwa makanan berbahan dasar sagu ini memang cocok untuk saya yang tak ingin menambah beban hidup, eh salah maksudnya beban tubuh. Jadi nggak apa-apa lah ya nambah?

Setelah menimbang-nimbang dalam hati, pada akhirnya dengan berat hati saya pun pulang tanpa menambah mie sagu, bukan karena takut tambah gemuk, tapi takut dimarahi bos karena kelamaan makan siang.  Lain kali kalau mau makan mie sagu di siang hari lagi, porsi saya harus dua mangkok deh. 😂
***

Wahai pecinta kuliner Kota Pontianak, di bulan Oktober ini hasrat makanmu akan terpenuhi karena saya bawa kabar gembira nih. Dalam rangka menyambut ulang tahun Kota Pontianak yang ke-248 akan ada Pontianak Creative Culinary Festival yang diselenggarakan pada tanggal 16 - 20 Oktober 2019 di Halaman Parkir AYANI MEGAMALL. Bakalan banyak stand makanan yang berasal dari Pontianak, salah satunya stand Bakso & Bakmi Pak Usu. 




0 Response to "Santap (Saje Mantap) Mie Sagu Berkuah Gurih Kuliner Khas Pontianak "

Posting Komentar